Cara Membuat Yogurt Segar Di Dapur Anda

Membuat makanan sendiri di rumah akan sangat menyenangkan bila dikerjakan bersama keluarga. Disamping menyenangkan, kegiatan ini akan sangat membuat mereka semakin dekat dengan Anda serta membantu membuat keluarga Anda lebih harmonis. Kegiatan masak memasak biasanya hanya dilakukan oleh anak perempuan, padahal anak laki-laki juga tak ada masalah jika ingin belajar memasak. Membuat yogurt bisa dikatakan mudah, karena persiapannya tidak perlu memerlukan banyak alat. Yogurt sendiri merupakan susu yang difermentasikan oleh bakteri. Yogurt dapat dibuat dengen menggunakan susu hewan maupun nabati. Belakangan ini, produk yogurt mayoritas menggunakan susu sapi.

Mengkonsumsi yogurt secara berkala dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda dan keluarga. Pencernaan yang sehat akan membuat ketahanan tubuh tetap terjaga. Membuat yogurt di dapur Anda tidak susah. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat yogurt adalah

  • 1000 ml Susu segar Cimory
  • 1/2 Cangkir Yogurt Plain (yogurt dengan kandungan bakteri yang masih hidup/bakteri probiotik)

Berikut tahap-tahap untuk membuat yogurt:

  1. Tuang susu ke dalam panci dan panaskan menggunakan kompor dengan api kecil sambil diaduk perlahan, bisa juga menggunakan oven dengan temperature hingga 85 derajat celcius. Perlu diperhatikan saat proses pemansan jangan sampai susu mendidih dan hangus pada bagian bawah. Proses ini bertujuan untuk mengubah struktur protein susu agar berubah menjadi padat.
  2. Setelah merasa cukup, angkat susu dan dinginkan dengan meletakkan panci ke dalam baskom atau wadah yang berisi air sambil diaduk secara perlahan hingga suhu susu mencapai 43 derajat celcius.
  3. Saat mencapai temperatur yang diinginkan, tuangkan yogurt plain atau yogurt dengan bakteri hidup kedalam panci yang berisi susu tersebut. Aduk yogurt dengan susu hingga rata secara keseluruhan.
  4. Pindahkan susu yang sudah tercampur dengan yogurt plain ke dalam wadah bersih. Tutup rapat atau tutup dengan apa pun yang tidak menyediakan ruang udara bisa masuk agar proses inkubasinya berjalan dengan sempurna.
  5. Saat proses inkubasi terjadi, diamkan cairan yogurt agar cairan yogurt agar bakteri tumbuh dan berkembang. Pastikan temperatur saat proses inkubasi terjadi ada pada 38 derajat celcius. Proses ini akan memakan waktu selama 7 jam. Semakin lama didiamkan maka tingkat keasaman akan semakin tinggi dan tekstur akan menjadi lebih kental.
  6. Setelah mendiamkan selama 7 jam atau lebih, dinginkan yogurt yang telah mengental beberapa jam sebelum dikonsumsi agar yogurt lebih awet atau menambahkan waktu sebelum kadaluarsa sebanyak 1 hingga 2 minggu.

Mudah bukan membuat yogurt dari dapur sendiri. Yogurt akan semakin nikmat dan segar dimakan jika menggunakan susu segar dari Cimory. Anda juga bisa menggunakan beragam rasa pada yogurt yang akan Anda buat dengan mencampurkannya dengan rasa-rasa yang dapat dipilih sesuai selera. Jika Anda bingung dimana bisa dengan mudah mendapatkan produk-produk susu segar Cimory, tak perlu khawatir karena kami memiliki layanan door to door service yang akan mengantarkan pesanan susu segar Cimory Anda langsung di rumah atau di mana pun Anda inginkan. Segera kunjungi Cimory.com untuk beragam pilihan produk-produk sehat, higienis dan berkualitas dari Cimory lainnya!